Pengalaman: Perawatan Saluran Akar (Gigi) atau Endodontik

Kali ini blog-ku akan memuat pengalaman saat aku menjalani Endodontik.
Ada yang sudah tahu apa itu Root Canal Treatment/Endodontik/Perawatan Saluran Akar (atau sebut saja PSA)?
Nah, buat yang belum tahu PSA yaitu suatu prosedur penggantian bagian gigi yang rusak atau jaringan pulpa yang terinfeksi dengan bahan yang disebut gutta percha untuk mencegah perluasan infeksi.
Karena di sini aku bermaksud untuk berbagi pengalaman saat menjalani perawatan ini, penjelasan tentang cara perawatan PSA ini aku singkat saja ya.... (bacanya ala Syahrini yaaa)

(Jangan segan-segan untuk memberi komentar, bertanya, menjawab pertanyaan yang ada di komentar maupun untuk memberi referensi tempat atau saran lainnya)



Tahap PSA Secara Singkat (Kunjungan bisa 4-6 kali)



Tahap 1: Mahkota gigi di-bur untuk mendapatkan jalan masuk ke kamar pulpa.
Tahap 2: Pulpa dikeluarkan dari kamar pulpa dan saluran akar. Suatu instrumen kecil yang disebut “jarum file” digunakan untuk membersihkan saluran akar. Gigi ditutup dengan tambalan sementara untuk melindungi kamar pulpa dan saluran akar agar tetap bersih. Tambalan sementara akan dibongkar pada kunjungan selanjutnya.
Tahap 3: Saluran akar diisi dan di-seal dengan suatu bahan yang mencegah bakteri masuk. Kamar pulpa sampai dengan permukaan mahkota gigi ditutup dengan tambalan sementara.
Tahap 4: Tambalan sementara dibongkar dan diganti dengan tambalan tetap atau dibuatkan “crown” (sarung gigi).
Tahap 5: Saluran akar, tambalan tetap, atau “crown” dievaluasi untuk melihat ada/ tidaknya masalah. Setelah PSA selesai, gigi akan disuplai nutrisinya oleh tulang dan gusi di sekitarnya.




KUNJUNGAN INI AKU LAKUKAN SEBANYAK 5 KALI
KUNJUNGAN PERTAMA AWAL BULAN JUNI 2013


Pertama kondisi gigiku:
Kondisi gigiku itu sudah berlubang besar, cukup dalam dan sewaktu diperiksa, dokter giginya bilang kalo gigiku sudah mati. Di situ aku dikasih dua opsi, mau dicabut atau dipertahanin. Aku pilih untuk pertahanin gigiku, secara ini gigi udah ga bakal numbuh lagi, dan gigi yang lain bakal bergeser kecuali aku pasang gigi palsu dan aku ga mau itu, kata orang bijak "yang alami...alami...alami" #eh?. Oke sip selesai

Oh iya, gigiku yang di PSA gigi geraham bawah paling ujung (belum ada geraham bungsu).

Kunjungan Per Kunjungan yang Aku Jalanin:
Kunjungan Pertama:
Dikunjungan pertama ini, saya memeriksakan gigi yang berlubang (saya milih pertahanin gigi), di sini gigiku di bersihin dulu sampai sebersih-bersihnya, dicongkel-congkel kotornya, di sini kadang terasa sakit jika kena bagian yang kita rasain sakit sebelumnya, tapi dokternya tanya "Di sini sakit?" aku jawab "Iya, dok" tapi bukan sakit sih, cuma rasa ngilu dikiiiiiit banget. Waktu dibersihin, gigiku di-bor yah biar lebih 'luas' lagi buat ngerawat gigiku ini. Setelah selesai, gigi yang dirawat dimasukin tampalan sementara semacam obat buat bunuh bakteri yang ada di dalem gigi. Sumpah ni obat perih kalo kena lidahhh!!. Selesai perawatan tahap 1!!!

Kunjungan Kedua:
Antriannya panjang banget, lamaaaaaaaaa, sampe ngantuk... (abaikan)
Kunjungan ini, tampalan yang dikunjungan pertama dicabut.. Dicabutnya yahh, di-bor gitu lah. Abis itu muncullah pengalaman yang deg degan... Aku liat ada jarummm dan kawan-kawannya!!! Ntah apa namanya (maaf aku awam), bikin deg-degan gilaa!!

Mulutku ditaruh alat biar ni mulut ga nutup, (diproses ini aku benar-benar tersiksa. ehh, tenang dulu.. tersiksanya bukan karena sakit, tapi karena ini mulut jadi keringggg banget, air liur kek disumbat biar ga keluar)

Ditahap ini, saluran akar nya dihitung (ga dibilang dokternya, cuma aku bisa denger kata si dokter ngomong kalau saluran akarku ada 3, dan katanya yg 1 bengkok!!), waahh deg-degan aku...
Di ambilnya jarum (kek paku yang bergerigi buat diputer di bawahnya), dimasukin trus diputer-puter. Ini dilakuin beberapa kali, terus dimasukin semacam jarum.
Abis itu ada jarum yang ditancepin didalem gigi, lalu dipakein alat (kek mesin deteksi gitu) udah pas sama saluran akarnya apa ngak (mungkin yeeee)
Di sini juga ga ada yang sakit...
Tapi ada sih 1, waktu dimasukin jarum, 1x terasa agak sakit, tapi dokternya mindahin jarumnya ketempat yg gak sakit...
Sehabis dimasukin jarum, dimasukin tambalan sementara lagi... dan selesailah kunjungan kedua ini....


*aku lupa update*
Kunjungan Ketiga:
Di kunjungan ini diapain yaa, aku lupaa LOL
skip aja yaaaa...... hehehehe

Kunjungan Keempat:
Dikunjungan ini gigiku dibersihin, diliat kondisinya terus ditampal lagi...
Waktu dimasukin obat (semacam zat untuk ngisi saluran akar yang udah kosong), obat-nya bentuknya kayak jarum tebel panjang *tapi lunak*, dimasukinnya kan dipakai alat dari besi (ato aluminium ato apalah), yang NYEREMIN, buat pas-in tuh obat tadi, alatnya ini DIPANASIN PAKE API!!! Super deg-degan sumpah... takut banget kena mulut/gusi/lidah....
Setelah perawatan yang ini, giginya di tutup lagi.
Terus katanya dateng lagi untuk kunjungan Ke-5 yang akan jadi kunjungan terakhir...

Kunjungan Bonusss:
Dikunjungan terakhir ini gigiku bahan yang ditampal di gigi dilepas..
Terus dikasih obat gitu dari dalam suntikan (etsss bukan di suntik lohh, cuma disemprotin ke gigi aja), nah cairan ini tuh aseeemmm bangeet..
Abis dimasukin cairannya, ditampal lagi, blablablabla... dan SELESAAIII !!! Ouu yee *backsound WE ARE CHAMPION*

------------- SELESAI --------------

######## FAQ ########

1. Perawatannya sakit gak?
Untuk sakit, itu tergantung kondisi gigi sendiri sama adanya infeksi atau ga di bagian akar gigi-nya.
Ada beberapa orang yang ngerasain sakit (mulai ngilu-geli ampe nyeri-sakit). Uuntuk aku pribadi, perawatan ini ga berasa sakit sama sekali padahal gigiku juga udah kena infeksi, n bolongnya lumayan gede besar.

2. Setelah perawatan, gigi yang di-PSA-in masih sakit?
Alhamdulillah, sampai sekarang udah ga berasa ngilu apalagi nyeri ampe sakit.

3. Sewaktu akar gigi dicabut, sakit ga?
Ga berasa sama sekali

4. Berapa kali kunjungan untuk PSA-nya? Tiap kunjungan lama ga?
Untuk PSA bisa 4-6 kali kunjungan, tergantung kondisi gigi.
Perkunjungan bisa setengah-satu jam

5. Mahal ga?
Dari yang aku lihat, tergantung dokternya (dan tempatnya juga)
Di tempat yang aku datangin, perkunjungan koceknya Rp. 150.000 (Tahun 2013)

6. Apa semua dokter gigi bisa melakukan PSA?
Saya juga kurang tau soal ini, mungkin bisa. Tapi sepertinya PSA lebih ke dokter gigi yang spesialsi konservasi gigi (Sp.KG)


######## SARAN ########


Ini sih saran umum yah untuk kunjungan ke dokter gigi (menurut pengalaman pribadi)...
1. Sebaiknya, kalau ingin berobat ke dokter gigi saat kondisi gigi kita sedang tidak sakit. Kenapa? yah, contohnya ya... kalau kita pengen cabut gigi aja pas gigi sakit, pasti dokternya juga cuma kasih obat dulu terus disuruh balik ntar kan?
Makanya, ada baiknya kalau mau berkunjung ke dokter gigi, pas gigi kita lagi ga sakit
Kalau udah terlanjur sakit, coba ditahan dulu deh (kalo emang ga tahan sama sakitnya, minum obat penghilang sakit dulu), nah kalau besoknya udah ga sakit, baru deh cuss ke dokter gigi...
Saran ini sih aku kasih untuk ngurangin rasa "sakit" sewaktu proses PSA juga...

2. Sebaiknya, sebelum melakukan PSA ada baiknya kita mencari tahu tentang dokter gigi yang akan kita pilih baik dari reputasi maupun harganya. Silahkan minta rekomendasi dari keluarga, teman, rekan kerja atau bisa tanya ke forum atau medsos loh. Bahkan sudah banyak loh dokter gigi (dental) yang punya websitenya sendiri, jadi kita bisa lebih mudah lagi bukan?

######## REFERENSI ########

Yang mau tau lebih banyak lagi soal PSA, aku kasih link-link website yang lebih berpengalaman di bidang ini, semoga membantu~ (silahkan langsung diklik, aku tidak memakai adf ly atau iklan maupun pop up apapun)

1. Cyber Dental Station
2. Cerita Pasien Rio
3. KLINIK GIGI KANiNA
4. Joy Dental
5. Kemang Confi Dental Care
6. Shine Smile Dental Clinic

7. Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. Siap membantu dan memberikan:
1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
2. informasi fasilitas & kesehatan
3. Appoitment dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi
4. Second opinion langsung dari Dokter kami.
5. Mempermudah Claim Asuransi.
Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu.
More info:
Surabaya Representative Office
Mahkota Medical Centre
Jl. Barata Jaya XIX / 31C
Surabaya 60131 - Indonesia.
WA : +6281 331777697
Line: +6281 4026 2166
Mobile: +6283 8300 28050
Phone : +6231 5020588 / 5026505
Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com

######## MORE ########

Yang punya saran tentang dokter gigi yang bagus buat PSA, silahkan langsung tinggalkan komentar di bawah beserta alamat dan kontaknya, nanti aku masukan ke blog ini. Mari saling membantu demi kesehatan gigi kita semua ^^

Maaf saya tidak bisa menjawab pertanyaan seputar PSA lebih lanjut, di sini saya hanya berbagi pengalaman jadi saya hanya menjawab pertanyaan seputar pengalaman saya selama menjalani PSA ini. Mengenai bisa atau tidaknya gigi untuk diPSA, saya sarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter gigi, karena saya tidak punya pengetahuan mengenai PSA lebih dalam.

^^Terima Kasih sudah mampir ke blog saya^^

Komentar

  1. maap baru bales...

    ga sakit kok, paling ngerasain agak ngilu-gwli dikit dibagian giginya.. ^_~

    BalasHapus
  2. Setelah perawatan masih sakit2 gak giginya???

    BalasHapus
  3. irana : Setelah perawatan, Alhamdulillah udah ga berasa ngilu atau sakit...

    jadi plong lagii... :D

    BalasHapus
  4. Boleh tau drg nya dimana ya?. Thanks

    BalasHapus
  5. bagus banget artikelnya.. jadi tahu pengalamanmu.. :D
    kalo aku berberapa kali dikasih 2 opsi dan yg aku pilih selalu yg "dicabut"..
    di blog ku jg ada cerita sedikit tentang gigi.. silakan dikunjungi :D
    www.aweso-memory.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Anonim : Drg daerah Gorontalo - Sulawesi (Ex Sulawesi Utara)

    Pertiwi HW : Wah, ntar coba deh pake opsi "dipertahanin".. sayang tuh, ntar abis giginya loh :3

    BalasHapus
  7. di suntik bius dulu gk awalnya?

    BalasHapus
  8. Ga disuntik bius..

    soalnya emang ga brasa sakit sih :)

    BalasHapus
  9. Aq sdh PSA 2th say,,skrg baru sakitnya gk ketulungan :'(
    Ini nanti mlm mw aq bwa drg.

    BalasHapus
  10. sist mau tanya gelar spesialis dokternya apa? Sp.KG kan?

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Iya gelarnya Sp.KG (spesialis konservatif gigi), tapi ada juga dokter gigi yang bisa PSA tnpa gelar Sp.KG :)

    BalasHapus
  13. Aku udah menjalankan PSA 3x, 33nya di geraham, 2 digeraham kanan (gigi 7&6) dan yang terakhir yang baruuu aja selesai tahap ke 2nya (kemarin) itu geraham sebelah kiri (gigi 7) jadi hampir semua geraham2 ku pernah di PSA in... tahap-tahap pengerjaannya itu ga begitu sakit, yang paling sakit ada di bagian saat syaraf2 giginya dibersihkan pakai file (jarum-jarum yang dimasukan kedalam saluran syaraf gigi)... jarumnya diputer-puter kedalam saluran akar, sampai kena akarnya, nah pas kena syarafnya, sakitnyaaa ituuu woowww bgt, ngilu-ngilu... makin kedalam makin ngilu, tapi itu cuma sebentar kok, pas dapet akarnya udah ga sakit lagi.... dari pengalamanku dari 2 gigi geraham kananku yang udah tuntas PSA sih ga ada keluhan padahal aku udah 2 thn.

    Sebenarnya yang buat mls jalanin perawatan ini karena tidak bisa hanya sekali datang, harus berkali2, minimal 4x baru tuntas. Apalagi kebanyakan orang ga akan mau dateng ke dokter gigi kalau tidak terasa sakit lagi giginya.

    Kalau masalah biaya, di klinik perawatan gigi dan mulut Aisha di mencong ciledug, Rp.150.000/kunjungan. nama dokternya drg. Luky. Dokternya telaten dan sabar. nyaman bgt jadinya.

    ps. tidak semua dokter melakukan PSA lhoo untuk kasus gigi yang sama. Jadi kalau memang merasa punya lubang yang besar dan sakikt bgt, jangan main asal cabut pas dokter nyaranin cabut, bilang saja mau pertahankan dan jalanin PSA/Root Canal Terapi.

    Semoga bermanfaat... :)

    BalasHapus
  14. pernah di psa tp masih sakit huaa gimana dong

    BalasHapus
  15. @Laili: PSA nya udah berapa lama?
    Kalo emang masih sakit, mungkin sewaktu perawatan, pembersihannya ga bagus jadi giginya masih berasa sakit..
    Coba balik lagi ke drg terus konsultasiin lagi :)

    BalasHapus
  16. aku lagi menjalani PSA nih T_T
    berhubung temenku kebetulan ko-ass di FKG aku berobat sama dia aja. INi udah kunjungan ke lima. Tapi masih belum selesai. Katanya mungkin besok cek lagi. Kalo udah gak sakit baru diisi akarnya trus dipakein mahkota. Biayanya 800rb-an gitu. aku punya BPJS sebenernya. Tapi klo aku pindah gitu aja gak enak sama temen aku. Kan nilai dia yang kena. katanya sih dia mau nanggung setengahnya. kalo kamu dulu buat tahap terakhir bayar berapa?

    BalasHapus
  17. Di indonesia biayanya lbih mrah .... eaa q ni jg lg jlanin PSA tpi posisi q di mlasia satu gigi ajha 500rm ... uang indonesia kali tga lah ... untuk 5 kli kunjungn ... pengalmn kunjungn pertama sakitbnget kyakkk mau pecahh ...

    BalasHapus
  18. hari ini aku perawatan pertama,,,,cuma bongkar tambelan pertama sama di periksa lalu karena alatnya g bisa masuk jadi dokter minta aku rontgen dulu dan gigi di tutup tambalan sementara,,,
    gak sakit sii,,,,,cuma deg deg annya parah bgt emang tadi,,,hehehehehe

    biayanya tadi lumayan si yah untuk ukuran yang harus bolak balik 5 kali lagi,,,,
    hari ini udah abis 300 ribu untuk periksa tahap pertama :)

    BalasHapus
  19. mau tanya nih. jangka waktu per kunjungannya brpa ya? seminggu sekali kah? atau sebulan sekali?
    aku bingung, kalo pake bpjs katanya sebulan sekali treatmentnya, kalo di rs lain ga pake bpjs itu seminggu sekali. yang bener yg mana ya?

    BalasHapus
  20. @Endah Suamiku juga PSA pakai bpjs,, ga sebulan sekali treatmentnya,, dokter gigi nya bilang satu kali pertemuan itu cuma bisa satu treatment aja,, jadi suamiku dalam satu minggu bisa 2x ke dokter,, tergantung dokter gigi kasih jadwal, kemarin satu bulan itu suamiku sampai 4x ke dokter giginya dan pakai bpjs ga bayar sama sekali ^^

    BalasHapus
  21. Gigi geraham ku yang kanan sudah habis gaktau deh sisanya apa, itu harus di PSA ya? Tapi takut jarumm

    BalasHapus
  22. @Anonim: Aku dulu kunjungan terakhir bayarnya 150rb juga...

    @Ali Mudzakir: Beruntung kalo gitu aku dapte yang murah :D ... untung aku waktu di PSA ga sakit ~^o^~

    @Enda Fathir: Aku jangka waktunya seminggu sekali, kecuali pertemuan kelima itu selangnya 3 hari...
    Kalo soal jangka waktunya mungkin juga itu tergantung dari dokgi nya sendiri...

    @Teni Lestiawati: Aku baru tau kalo ke dokgi ada yang bisa BPJS :(

    @Anomin: Coba konsultasi langsung ke Dokginya dulu, kalo bisa sih di PSA aja, pertahanin deh giginya kalo masih bisa dipertahanin ^^

    BalasHapus
  23. @Teni: Dokter atau RS mana yang bisa pake BPJS?
    Aku juga lagi proses perawatan akar nih. Katanya kok nggak didukung BPJS ya di sini. Aku lagi proses di RS Thamrin, karena diklinik BPJS nggak di cover juga. Dan aku tanya ke perawat di RS katanya perkunjungan 350 rb, trus harus 4-5 x kujungan, kan berasa banget mahalnya :(

    BalasHapus
  24. biar bs pk bpjs harus ke puskesmas dulu. dokgi dipuskesmas ada kok

    BalasHapus
  25. Ini aku masi tahap pembersihan akar, sebenernya blom sampe slesai *gra" ga bsa nahan sakitnya* tapi beok uda mau dibikinin crown kata mbak koas yg nanganin aku.. soalnya gigiku yg lobang ini uda kropos duluan *syedihh pdhl masi umur 20*
    Gatau deh besok tahapnya gimana, makin ribet apa nggak..moga aja jadwal ketemunya ga nabrak ama jadwal ngampus , hiksss

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Ak jg lg mjalani PSA nih. Sedih bgt ���� knapa jd sparah ini. Pdhl wktu itu lubang kecil aj n lgsg d tambal sama perawt gigi dkt rmh tp stlh 5bln sakit lg trs smp akhirny 3x dia tambal ttp sakit lalu ak pindah k drg yg kompeten kata keluargaku wkwk tyata lubangku uda parah jd hrs PSA. Ak ga rela bgt rasany krna lubangku awalny kcil bgt tp krna prwtny ga kompeten akhirny jd malah parah��. Kalo PSA lama2 gigi akan brubah wrna jd abu2 krna gigi sdh mati kan mgurangi estetika �� sedih d umur 24 hrs spt ini. Makanya yg giginya msh utuh rajin2 deh sikat gigi malam sblm tidur dan pagi 30 mnt stelah sarapan. Krna katany kalo krg dr 30 mnt enzim pencernaan msh da d gigi justru mmbuat cpt blubang jka tkena pasta gigi. Kalo d banjarmasin sih 150rb jg per datang. Tp yg trakhir 280. Yah habis 900 an lah satu gigi smpe 5x kunjungan itu. Wkwkwk smoga ada aja rezki nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Rara...
      Nah bener banget itu, aku juga jalanin PSA ini krna ga becus rawat gigi :(
      untungnya cuma 1 gigiku yang bermasalah...

      Makasih udah berbagi info :D

      Hapus
  28. Dear ayu, kalo liat dari video yang ada di blog ini, endingnya itu kamu di crown ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Cathy..
      Aku juga bingung, keknya ga di crown sih..
      Aku terakhirnya kaya ditampal biasa, jadi sebelum di'tampal' dikasih cairan yang rasanya pait banget (urutannya filling akar -> cairan -> 'tampal')...

      Hapus
  29. Eh mau nanya nih. Kmrin kan wktu hri kamis lalu tgl 15 oktober 2015 aq PSA. Kunjungan pertama, gigi aq d bor trus d korek kata dokter sih ngeluarin sisa2 makanan gitu. Trus d tempel sama ga tau deh apa namax tp warna putih sprti kapas.
    Nah ini barusn kunjungan kedua aq tgl 19 oktober 2015, dokter cabut tuh yg putih2 dr gigi geraham aq bgian bwah sblah kiri. Stelah itu dia korek, trus ngasih obat skalgus ngebersihin. Dan dia ngasih kyk sprti kapas ato apalah namax bhasa kedokteran tp wrnanya tuh bukan putih sprti kunjungan pertama. Dia itu berwarna merah muda. Dan stlah itu dokter tax klo giginya sakit minum obat DENTACID 500 MG MEFENAMIC ACID (sambil dokter ngasih tuh obatnya tp hax 2 biji). Trus aq plg ke rmh. Eh tp tiba2 skitaran 10 menitan gigi yg dilapisi wrna merah muda itu sakit bnget rasax gw pngen cabut aja tuh gigi. Trus aq cpet2 deh tuh minum obat dr resep dokter.
    Aq mw nanya nih:
    1.yg wrna merah muda sprti kapas d gigi aq itu apa? Trus fungsinya apa yah?
    2.kok bisa sakit banget yah stlah 10 menitan si dokter itu ngasih kapas sprti wrna merah muda..?? Pdhl kunjungan pertama yg kapas wrna putih itu ga skit. Mohon jwbanx donk. Sumpah gigi aq skit nih ini mlm. 😢😢😂😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Agung
      1. Yang merah muda itu mungkin filling buat ngisi saluran akar yang udah kosong (mungkin ya, aku bukan dokgi soalnya)
      2. Wah aku juga kurang tau itu kenapa..
      aku pribadi selama di PSA ga ngerasain sakit sama sekali loh
      (kondisi gigi aku dulu juga udah parah banget kata dokternya)
      entah aku udah mati rasa apa emang ga berasa sakit XD
      Coba deh ditanyain juga sama dokgi kamu ^^

      Hapus
  30. ada dibius nya gak selama kunjungan berkali-kali itu? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Dian..
      Karna selama proses PSA aku ga ngerasain sakit sama skali, jadi aku ga dibius..
      setau aku sih di PSA ga ada acara dibius juga *CMIIW*
      Mau jalanin PSA ya?
      Coba deh minta rekomendasi sama teman" atau keluarga, di mana dokgi yang bagus^^

      Hapus
  31. hii mbaa, aku lgi ngejalanin prawat akar gigi juga ni, aku kan pake bpjs jdi aku ke klinik yg deket rumh trxata di rujuk ke rs yg lebih besar tpi di klinik it di kasih tamabalan sementara sehari 2 hari ga skit cma pas hri ke3 ke4 rasany sakit pgen nangis smbil garuk tanah. trus aku langsung dtg ke drg yg di rs trxata dy cuma bongkar tambalan sementara dan di tambal lagi dgn tambaln sementara trus drgny suruh balik 2 minggu lagi, tpi aku ngerasaiinny sakitany mnta ampun aku ga bsa makan trus saraf2 ny jg sakit bgt. gmn ya kira2??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai...
      aku juga pertama datang, gigi dibersihin dulu trus dikasih tambalan yang buat bunuhin kumannya...
      tapi aku emang ga berasa sakit sampai kunjungan berikutnya...
      kalo emang sakit gitu, bilang aja sama dokginya pasti bakal dikasih obat buat ilangin rasa sakit deh.. kalo enggak ya minta aja :D
      aku ga berani nyaranin minum mefinal takut ga berani *aku dulu wktu sakit gigi sebelum PSA emang minum itu sih* >.<

      Hapus
  32. Hallo smua aduh aku ada 2 gigi belakang lg rawat syaraf. Udh kdua dokter drawat syaraf sampe skrng masih sakit ga ketulungan..udh dkorek yg pake jarum kecil. Ini skrng lg rawat syaraf sama dokter kedua baru dua kali dateng.. terakir kesana selasa karna stlh rawat syaraf pertama sakit ga ketulungan jd aku lamgsunh dtg padahal baru 3 hari kan normalnya smnggu. Baru 3 hari perawatan kedua malem ini kebangun gara2 sakit luar binasaaaaaaa dan aku gugel2 knapa sih gigi aku udh rawat syaraf *on proses* tapi sakit masih bener2 ga bisa digambarkan pake kata2. Aku harus apa dong ya harus kemana ini cari dokter bagusss..hiks. mohon info u dokter rawat syaraf bagus didepok. Aku tersiksa sangat amat :( :( :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di depok dari klinik, minta rujukan ke RS Brimob. Bisa PSA pakai BPJS

      Hapus
  33. Aku jg sm lg PSA tadi siang kunjungan pertama...n ga ngerasain apa2 smpe skr...aku PSA di siti klinik aksar depok

    BalasHapus
  34. beuh... murah yah skali kunjungan... saya baru 2 kali kunjungan... satu kali kunjungannya 1 juta... aje gile bener....

    BalasHapus
  35. Hai smua, aku mau tny dong setelah proses pertama suka ngerasa ngilu2 gitu ga?
    Aku selasa kmrn baru ngejalanin tahap pertama psa di gigi geraham kanan bawah.
    Siang sih gpp tp malem mulai berasa,
    Dan aku lg hamil 15weeks jadi ga di kasih obat. Hiks, ada yg ngerasa ngilu2 juga ga yah setelah tahap pertama? Dan kalian berapa kali bulak balik drg? Aku rasanya pengen cepet2 sembuh kasian dede di dlm perut huaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Vera...
      Kalo aku pribadi setelah proses pertama ga ngerasa apa-apa sih...
      aku juga selama perawatan PSA emang ga ada dikasih obat sama sekali...

      Biasanya 4-5 kali kunjungan untuk PSA nya...

      Hapus
  36. Hai..aku juga baru PSA ni..geraham blkg kanan atas..hari ini tahap kedua..kunjungan pertama 90rb..kunjungan kedua cuma 40rb..murah ya..pdhl dr.praktek pribadi dan udh senior..kl kata dr nya akar gigiku ada 3 dan baru dimatikan 1..duh..pdhl kl lg dikorek2 dan kena syarafnya ngilu bgt.. >_<

    BalasHapus
  37. Halo. Tadi baru aja pulang dari dok ingat. Kasus awalnya sih pengen nambal karena udah berlubang gede(sisa mahkotanya doang) dan ngilu pake banget sebulan belakangan kalau kena air dingin. Pas nyampe dok ingat bilang kalau harus perawatan akar. Emang sih dari hasil rotgen emang udah lumayan dalem lubangnya dan juga sebulan belakangan ini kalau sakitnya kambuh (seringnya tengah malam ) ngilunya itu tembus dari arah geraham yg sakit ke pelipis sampe ke telinga jadi langsung minum asam mafenamat kalau ga cataflam biar bisa tidur. Lanjut, pas dibor mungkin untuk pembersihan tiba2 kerasa kena daging atau apalah didalam gigi. Ngilu dan nyut2 apalagi kena semprotan air. 2 kali di bor dan membahayakan karena gerakan refleks saya, akhirnya si dokgi menggunakan cara manual. Habis itu ditambal pake kapas yg udah di umur obat dan ditutup menggunakan tambahan sementara. Kata dokternya 2 minggu lagi baru datang buat nambal permanen (tapi ngeliat hasilnya dulu ). Total pembayaran 200rb.mungkin agak mahal karena perawatan akar ya dan ada satu gigi lagi yg ditambal Sementara karena tambalan permanennya pecah.
    Setelah ditambal itu bagian bawah yg kena obat gatelnya minta ampun dan berasa mau nyut2 di daerah pelipis.kata dokgi iti biasa dan nanti sembuh hanya gatel semalam doang. (oh ya sebelumnya udah minum 1 asam mafenamat pas selese nambal).
    Doakan ya, semoga 2minggu lagi prosesnya berjalan lancar. Kapok makan yang manis2 waktu sekolahan dulu.

    BalasHapus
  38. pas bgt barusan aku dijelasin dokternya persis kaya gini..awalnya ga kebayang bakal di bor bor gitu, tapi pas liat youtube sama baca pengalaman lebih lega ajasih
    oiya teruskan akarmu katanya belok gitu ya, aku juga gitu. itu waktu di bersihin pake kayak paku ngga masalah kan? maksudnya ngga sakit? hmmm makasi banyak udah bikin pengalaman blog ini:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii... Baguslah kalo blog ini bisa bantu kamu yaaa...
      (maaf, akun ini aku lupa passwordnya)

      iya ada bengkok gitu, akar gigiku ada 3, satunya bengkok...
      ga sakit kok, cuma ngerasa ada yang masuk aja ke gigi...
      Semoga sukses ya PSA-nya ^_^

      Hapus
  39. Hai aku lagi PSA di Gigi ke5 kiri. Sebelumnya bengkak trs sakit bgt. Giginya kalo disentuh / ketemu Gigi atasnya sakit naujubillah. Trs pas ke Dr gigi dipriksa dll dikasi obat trs disuruh rontgen. Habis rontgen drg nya blg ini PSA tp diakarku ada absesnya jd harus dibersihin DULU absesnya. Trs dikasiih obat anti inflamasi sama diitambal pake warna putih gitu katanya sih obat. Itu aku ke sana hari kamis, Dari hari itu sampe skrg rasanya sakit tak tertahankan. Nahkan minum obat pengjilang nyeri pun ga ngefek. Trs aku Tanya dokternya, hari senin disuruh ke klinik. Giginya aku doa in, materinya rada berkurang. Skg lg berdoa biar besok pas ngampus ga krasa sakit. Aamiin huhuhuhu sakit bgt yaAllah... Maaf curhat wkwwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii...
      wah kasian yaa :(
      beda sama aku, aku sama skali ga berasa sakit pas ngejalanin PSA...
      bertahan yaaa, abis PSA pasti ga bakal sakit lagi kok...
      klo kenapa-kenapa tetap konsultasiin ke dokgi nya yaa ^^

      Hapus
  40. Sekarang aku juga lagi jalanin PSA dan sekarang udah hampir mau thap akhir, tapi kata dokter nya musti pasang pasak dulu sebelum di tambal soal ny gigi ku rapuh kalo gak di pasang pasak nanti gigi nya mudah pecah, aku bingung buat lanjutin atau gak soal ny biaya pasang pasak bisa sampe 600rb an terus aku juga perawatan ny di VIP (soal nya dokter nya di pindahin di VIP oleh pihak RS, jadi terpaksa ngikutin dokter ny)

    BalasHapus
  41. Sharing ya:

    Saya sudah 2 kali root treatment.
    Prosesnya bolak balik ke klinik gigi (klinik yang cukup mahal dan saya ulangi ke klinik dan dokter yang sama biar history gigi sebelumnya bisa tahu dan tidak ragu penanganannya.

    Uraian teknisnya seperti empunya blog ini ya. (thanks before)

    Nah saran saya:
    -Jaga kebersihan gigi
    -Cek gigi yang rutin (nabung dana, ini sepele tapi akan sangat berharga karena dokter gigi mahal)
    -Kalo gigi berlubang, tidak usah nunggu besar langsung tambal saja.
    -Alat-alat kebersihan gigi di rumah usahakn pilih yang paling baik dan enak dipakainya.

    Hikmah:
    sakit gigi tidak ada tandingannya, semua hal tidak enak diapa2in, mau makanan kek, pacar kek,tidur aja gak bisa kan nyiksa.
    pokoknya dijaga agar tidak sakit dan ikut asuransi (yang ada giginya)biar enteng.

    OK itu dulu ya
    Salam


    BalasHapus
  42. saya sudah psa dikunjungan ke 3 tapi setelah kunjungan ke dua, gigi yg di psa buat ngunyah sakit :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai...
      Kalau bisa sih jgn dulu dipake buat ngunyah sih gigi yang di PSA, jadi giginya dipake buat ngunyah dan fungsi normal lainnya kalau udah selesai di PSA aja yaa

      Hapus
  43. Itu sampe skarang gk kumat kumat lg??

    BalasHapus
  44. Itu sampe skarang gk kumat kumat lg??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Naja...
      Alhamdulillah sampai sekarang gigi yang di PSA in ga sakit sama sekali (padahal udah ga pernah ke dokgi lagi) hihi...

      Hapus
  45. Haii aq jg pengen PSA nii..gigi aq berlubang sjak kecil n dr kls 6sd smpe umur 25th skrg g prnah aq ngunyah pake gigi sebelah kiri karna trauma dr kecil slalu sakit tiap hbs buat ngunyah..kira2 ad ga ya yg ngalamin ky aq stlh di PSA jadi bisa buat ngunyah g sakit lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai jugaa...
      aku juga sebelum PSA (Sekitar 6 bulanan) kayak gitu, ngunyah ga pernah sebelah kiri krna lubangnya besar dan sakit kalo buat ngunyah apalagi kena air es, alhasil gigi sebelah kiri aku muncul plak-plak :(...
      Sekarang setelah di PSA jadi bisa buat ngunyah, makan es dan ga ngilu apalagi sampe sakit...
      Coba deh konsultasiin ke dokgi aja :)

      Hapus
  46. Gigi graham ku katax dokter udah mati.. lubangnya besar bgt.. kira2 masih bsa di psa ga ya? Biayanya brp dri awal sampe selesai?

    BalasHapus
  47. Gigi graham ku katax dokter udah mati.. lubangnya besar bgt.. kira2 masih bsa di psa ga ya? Biayanya brp dri awal sampe selesai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Hamriah...
      Mungkin masih bisa, coba kamu tanya sama dokternya...
      kalo aku sekitar 600rbuan kayaknya...

      Hapus
  48. Haii.... aku baru nyadar gigi geraham ku udah tinggal dikit bnget gara2 patah2 mulu dan akhirnya gigiku jd berlubang guedeee bgt dalem lagi.sebelumnya g pernah sih ngalamin skit gigi eh tau2 udh berlubang gede gigiku 😢,, kalo udah dalem dn gede gtu lubangnya apa masih bisa di pertahanin/ PSA??? Tkut bgt nih klo harus dicabut, sakitttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai...
      Sama kayak aku itu ceritanya, tau tau gigi aku udah bolong aja (stelah aku biarin akhirnya sakit gigi aku)
      Menurut aku pasti itu bisa di PSA kok, lubang gigi aku kmarin juga dalam soalnya...

      Hapus
  49. Hi,hari ini saya perawatan yg ke 2x di pertemuan pertama saya ,dokter berhasil bersihin skaligus matiin saluran akar 1(dari total 3 akar), pas pertemuan kedua hari ini ada ancident yg ga tau bakal gmn jadinya semoga lancar aja bismillah,incident jarum file nya patah di saluran akar gigi graham saya (ada dua jarum kecil),dan katanya itu ke ahli bedah mulut dan pake alat tertentu buat teknik pengambilan jarum ini,dan untuk sementara waktu saya du suruh nunggu bebeparapa hari buat pengambilan jarumnya,yg du takutkan jarumnya jadi nge'infeksiin si giginya tapi entahlah kputusannya minggu dpn,dan harus menghadapi proses yg ngeri kembali,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Syarief...
      Wah ngeri dong ya >.<
      Semoga lancar ya prosesnya^^

      Hapus
  50. Salam kenal, gigi saya juga sedang PSA, bermula dari hari jumat (22 april) geraham saya berasa sakit walau sedang bengong (ga makan/ngunyah), saya rasa geraham yg paling mulai minta perhatian. Senin say bawa kepuskesmas (jaga2 kl harus operasi krna geraham sulung tumbuh miring dan belum sempurna). Drg nya judes minta ampun,hemat ngomong, gigi saya disemprot dicongkel dan ditambal sementara, terus blng seminggu lgi ksini y buat ditambal permanen. Ndak dikasih obat karena pas dia tanya sakit ga saya jawab ga, 10 menit kemudian ngilu banget dan tanpa henti, rasanya sampe pengen nabok semua orang yg lagi ngajak saya ngomong dikantor, hiks. Wktu dipuskesmas tambalan saya itu seperti pasta warna hijo coklat. Drg nya ngutek2 mulut saya tanpa sarung tangan hiks.
    Sampai malam sakitnya masih, saya putuskan k drg dekat kosoan, saya ceritain dan dia blng saya ndk tau zat apa yg dimasukkan untuk tambaln di drg puskesmas, dia beri opsi nunggu sampai besok soalnya mungkin sakitx cma hari ini karena obat sedng bekerja/saya bongkar tambahannya dan mulai dari awal. Saya mikir.... Karena udh smpai y dibongkar aja, diberi tambalan kayak pasta jga tpi warna pink, isinobatnya kayakx warna sama yg dipuskesmas hiks (padahal biaya lebih mahal). Setelah itu disuruh balik 3 hari maksimal 1minggu. 10 menit aman, nah dijam 10malam (saya k drg jam 7an) sakitnya nauzubillah, lebih sakit dari yg lain Bu drg judes dipuskesmas, saya minum mefinal masih sakit, ambil meneteskan air mata dan berzikir saya ketiduran, bangun jam 3 malam sakitnya masih kontinue, hiks, adakah yg pengalamannya seperti saya? Kenapa hal ini terjadi pada saya ya mbak?/(setahun yg lalu saya pernah nambal geraham sebelah kiri dipuskesmas, dan setelah PSA pertama dulu rasanya damai2 saja, sekarang geraham kanan saya kok rasanya ada perlawanan dari dianya, hiks)

    BalasHapus
  51. Sy skr hbs melakukab PSA,selesai dlm 1kali kunjungan dg paket biaya 4jt,dr nya blg kl sdh slsai psa giginya g akan skt lagi tp ternyata stlh alsai giginya mlh sakit minta ampun sampe ga bs tdr minum pereda nyeri ga mempan tempel koyo sana sini ga mempan,apa ya yg hrs sy lakukan? Mau balik k dokter dr awal dokternya blg kk dia sdh melakukan perawatan dg benar maksimalbdan sesuai prosedur jd ga mgkn sakit tp pd kenyataannya sybmerasa sakit senut2 dan kl kesentuh giginya jg msh sakit. Sedih bgt mahal2 korban waktu jiwa raga tp hasilnga tdj sesuai harapan. Ada yg bs bantu sy ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yampun mahal bgt mbak dan sekali beres? OMG instan yah,,,

      Hapus
  52. Sy skr hbs melakukab PSA,selesai dlm 1kali kunjungan dg paket biaya 4jt,dr nya blg kl sdh slsai psa giginya g akan skt lagi tp ternyata stlh alsai giginya mlh sakit minta ampun sampe ga bs tdr minum pereda nyeri ga mempan tempel koyo sana sini ga mempan,apa ya yg hrs sy lakukan? Mau balik k dokter dr awal dokternya blg kk dia sdh melakukan perawatan dg benar maksimalbdan sesuai prosedur jd ga mgkn sakit tp pd kenyataannya sybmerasa sakit senut2 dan kl kesentuh giginya jg msh sakit. Sedih bgt mahal2 korban waktu jiwa raga tp hasilnga tdj sesuai harapan. Ada yg bs bantu sy ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Salim...

      Coba kamu berkunjung ke dokgi lain dulu, kalo aku saranin sih yang Sp.KG ya...
      kamu juga bisa cek web ini https://ceritapasienrio.com/perawatan-saluran-akar-atau-root-canal-treatment

      Semoga membantu ya ^^

      Hapus
  53. Mbak, dari semua PSA yg saya baca kok ndak ada yg bahas gigi disemen? Lemeren saya kunjungan ke 3, pas gigi dibor dan dibersihin sisa tambalan sementara kunjungan sebelumnya, gigi saya masih terasa ngilu, lalu juga diberi zat asam yang disemprotkan ke gigi, lalu diberi obat yg rasanya seperti balsem, terus disemen, malam dan pagi ini saya pas saya sikat gigi rasa ngilunya datang lagi, apakah ada mbak2/mas2 yg pernah pnya pengalaman seperti ini? Ini kenapa ya mbak? Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Minssha...
      Aku balesnya skalian sama komen kamu yg sebelumnya yaa...

      hmm..
      sebenarnya aku ga tau juga, aku bukan ahli soal gigi >.<
      kalo untuk di semen, aku ga tau ya proses PSA aku ditahap terakhir itu namanya apa (ntah disemen ato bukan), yang jelas kek tampalan(?) gigi yg warnanya putih trus dibentuk sesuai sama gigi aku yg dibolongin (awalnya kek krim kental, lalu jadi keras)...

      Aku sampe saat ini belum balik lagi ke dokgi sih, dan ga prnah ngalamin ngilu atau sakit di gigiku...
      saran yang bisa aku kasih sih, coba deh kamu konsultasiin lagi sama dokter gigi yang Sp.KG (konservasi gigi) mereka lebih spesialis ke bidang ini dari pada sama dokgi biasa...
      sama aku saranin ke web ini (https://ceritapasienrio.com/perawatan-saluran-akar-atau-root-canal-treatment) semoga membantu ya... :)

      Hapus
  54. Hai gan,
    Kebetulan sy jg baru proses PSA yg pertama. Gigi geraham yg bawah lubang dah lumayan gdhe&kalo pas sakit rasanya ga ketulungan. Ini baruu aja dr dokter gigi dan PSA yg pertama. Subhanallah sakitnya minta ampun. Sy ampe agak nangis td waktu proses pembersihan saluran akarnya. Krn mmg sy dtg kondisi gigi udah ga terlalu sakit tp mmg masih sensitif. Jd pas dilakukan pembersihan&cari saluran akarnya itu Ya Allah sakiiiiit bangeeeeetttt. Sy dtawarin opsi bius lokal tp telatttt. Setelah sakit&saluran mau dimatikan baru dtawarin. Hikss.
    Ada ga yg punya pengalaman sma kaya sy? N apa di kunjungan ke 2(seminggu kemudian) prosesnya sesakit itu? Ini td sy dikasih resep obat anti nyeri sama antibiotik & gigi yg td ditambal sementara. Sy jd agak takuut buat kunjungan selanjutnyaa

    BalasHapus
  55. Aku mw nanyak ni , 2 tahun yang lalu gigi graham atas ku sakit dan bolong. Kemudian aku pergi ke dokter gigi . dan gigi ku dibersihkan kemudian d kasih obat apa di dalam nya terus di tambal sementara . Setelah seminggu gigi ku di tambal permanen. Sekarang gigi yang di tambal itu kambuh lagi sakit nya . sakit nya minta ampun nyut nyutan sampai merambat ke gigi graham bawah nya.tolong dong saran nya apa yang harus aku lakuin ni . Apa harus di cabut atau enggk .aku sih gak mau gigi ku di cabut 😂😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Nurul...
      Udah 2 tahun ya, mungkin gigi yang ditampal itu bolong lagi at dokginya kurang ngebersihin gigi kamu sebelum ditampal, coba deh kamu balik lagi ke dokgi buat konsultasi soal ini...
      Kalo kamu pengen pertahanin giginya, kamu ke dokter gigi yg Sp.KG buat konsultasiin gigi kamu lebih lanjut..
      Semoga bermanfaat ya ^^

      Hapus
  56. Haaaai aku mau nanya dong ka, kalo PSA nya udah selesai itu gigi kaka di tambal biasa apa di pakein mahkota ya? Terus pas udh selesai PSA dilarang makan makanan yang keras2 kayak kripik gitu juga gak? Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga...
      - kayaknya ditampal biasa sih.
      - Waktu udah selesai PSA-nya aku ga ada larangan makan apa-apa, jadi bebas aja mau makan apa

      Hapus
  57. Halo sis semua,

    wah ternyata saya ga sendiri, byk juga teman2 yg menjalani PSA.
    FYI, setelah rontgen ternyata ada 3 gigi saya yg harus PSA, gigi geraham belakang & gigi depan (gigi kelinci)

    gigi geraham d PSA karena mmg sudah rusak.
    sedangkan gigi depan di PSA karena:
    1. Saya pasang behel, namun dokter dental saya terlalu merapatkan gigi depan saya sehingga akarnya bertabrakan dengan akar gigi yg sampingnya dan menimbulkan benjolan di dekat akar. nah itulah yg jadi perhatian saya sekarang, soalnya benjolan tersebut jika dibiarkan bisa memicu KISTA. serem bgt kan. FYI benjolan ini sudah ada dr tahun 2014 namun saya pikir ini sariawan biasa krn ga sakit.

    doakan saya minggu depan saya mulai PSA.

    BalasHapus
  58. Saya juga sedang PSA di klinik trdekat, saat ini sudah kunjungan ketiga. Kunjungan pertama pembukaan lubang harganya 223rb(mhal bgt buat anak karyawan spetiku. Yahh lubangnya emg gede sihh). kunjungan kedua pembersihan akar gigi tapi karena syaakitt bgt, akhirnya ditunda ke pertemuan brikutnya di mggu dpan(harganya 262rb,skali lagi mhal bgt).Kmrn melakukan kunjungan ketiga pembersihan akar gigi sudah selesai(harganya412rb bokkkk mahal bingiittt, uang mkan aneee ludes, cuma mkn bbur pke garem)tinggal sterilisasi dan tambal akar gigi. Dokter menjadwalkan prtemuan brikutnya dua mggu lagi karena gigiku masih ngilu2 klo diketok, jadi tunggu gigi nggak ngilu baru ditambal, dan dokternya juga sudah membantu saya mghitung estimasi biaya yg hrus dikluarkan pd prtmuan brikutnya yaitu 812rb. Total penambalan 1 gigi geraham 1,6juta lbih mau nangis rasanyaaa. Pgn pindah ke dokter gigi lain tpi tkutnya mhal lagi krna dokter gigi baru blum tau history gigi kita, klo tetap ke dokter itu rasanya 800rb itu gilaaa mhal! Mohon teman2 seperjuangan ada rekomendasi dokter gigi yg harga trjangkau di kawasan jakarta selatan???

    BalasHapus
  59. Kak mau nanya dong, pada kunjunga n ke empat. Setelah dimasukin bahan padet tambalannya lepas. Gimana? Bisa masuk nggak bakterinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ujung akar dari giginy d tutup pake bahan padat (gutta perca).
      Supaya bakteri yg biasanya lewat pembuluh darah tidak masuk lagi.
      setelah akarnya diisi baru d tambal permanen klu sdh tdk ada keluhan.

      Hapus
    2. Haii manceman,, mau ikutan sharing. Ini aku lg PSA juga. Ga tanggung2 langsung 3 gigi geraham aku di PSA sekali jalan. Biayanya termasuk murah cuma kena 1juta all in. Jd aku cicil 3x krn aku dijadwalin 3x kunjungan. Kunjungan pertama dan kedua gak ada sakit sama sekali bahkan ngilu2 pun tidak. Pdhaal gigi aku bolong besar bgt krn mmg ga prnah aq bw ke dokgi sblumnya. Kalu tau gak sakit gini pasti aq periksain dr dulu hehehehe.. hari ini aq mau kunjungan ketiga dan terakhir utk psg tambal permanennya. Mudah2an aman dan lancar jaya tanpa ada sakit2 nya yaa.. Buat temen2 semangat yah PSA nya. Jgn takut gak sakit kok. Yg penting usahakan gigi sdg tidak kumat sakitnya sewaktu kita ke dokgi..

      Hapus
  60. Hai kak, aku pengen nanya dong. Aku bru nyadar hri ini kalau gigi aku yg rusak / hitem" dan bolong itu ada 4, dua atas dalam, dua bwah dalam. Pengennya PSA, tpi takutnya biayanya kemahalan, sarannya gimana yah? Aku ga takut sih sama prosesnya, cuman takutnya ntar nyampe jutaan biayanya. Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai..
      Kalo emang udah niat buat PSA, coba keliling ke dokgi-dokgi tanya harganya sama tanya sama orang-orang sekitar tentang dokgi yang paling bagus n harga terjangkau. Jangan cuma terpaku sama 1 dokgi aja..
      Kalo tetap masih agak mahalan, mungkin bisa dikumpulin dulu duitnya baru deh jalanin PSA...
      Semoga membantu yaa ^^

      Hapus
    2. Itu di rawat inap apa engga ya?

      Hapus
  61. Mau nanya kalo Gigi bolong udah tumbuh polip dan gigi nya tinggal sedikit masih bisa PSA gaj yah????

    BalasHapus
  62. Mau nanya kalo Gigi bolong udah tumbuh polip dan gigi nya tinggal sedikit masih bisa PSA gaj yah????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Saeful...
      Aku juga kurang tau untuk itu, tapi menurut aku bisa tidaknya gigi untuk di PSA tergantung kondisi dari gigi itu juga. Mungkin Saeful bisa konsul dulu di dokgi untuk tanya-tanya soal itu...
      Maaf kalo kurang membantu :(

      Hapus
  63. hallo, saya mau tanya, gigi geraham blkg saya ngilu gitu tapi kayak nya baru bolong pinggirannya, kayak terkikis gitu pinggirannya. kira-kira harus PSA gak ya? saya takut banget sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, saya sudah 2 kali PSA karena gigi berlubang, geraham atas sudah parah lubangnya. untuk case anda langsung saja ke dokter gigi karena sekali berlubang harus ditambal tidak ada tindakan lain, jangan ditunggu2, atau akan semakin berlubang dan aktivitas anda terganggu. jika nanti masih bisa ditambal biasa lebih beruntung, daripada nanti PSA selain biayanya lumayan mahal penanganan gigi cukup lama dan ngilu pasti ditemuin, dikorek2 disuntik, dll..pokoknya secepat mungkin ditambal..salam

      Hapus
  64. penyewaan alat interpreter
    menyewakan alat interpreter

    Sy punya gigi mati sudah perawatan datang ke dokter gigi sebanyak 4 kali, lalu ditambal permanen. Setelah 1 hari menjadi sakit dan sudah 5 hari belum sembuh. Kenapa ya?


    sewa alat interpreter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akar di dalam giginya masih ada yang hidup jadinya timbul rasa sakit..

      Hapus
  65. hallo, ky.a masalah saya krna plak gigi deh krena tkp giginya paling ujung belakang mgkn gk terjangkau sma sikat.a kali y
    alhasil pas sakit gigi saya lihat udh bolong di dekat gusi ajjh, cma mahkota (entah namanya yg dibawah buat ngunyah) masih berbentuk biasa cuma di tengah gigi smpe ke gusi ajj yg berlobang .
    nah awalnya saya diamkan krna saya pikir dengan menggosok gigi secara rutin sakit dan kumannya hilang, alhasil skrg jd besar lubang.a kedalam . kira2 cocok di PSA gk yah ?
    sakitnya smpe ke ujung tulang2 . pas saya hbis mkn gk sengaja nusuk2 gigi pake tusukan gigi itu lobang.a kena . waaaaawwww ngilunga banget2 smpe mengeluarkan air mata . nangis berat ...
    kalo emank bisa psa, recomen donk dokter praktek yg murah sekali pertemuan di bogor dan sekitarny ....

    BalasHapus
  66. Sedihh Bngt Dehh Mbaa! Di Umur 14 Tahun Ini 2 Gigi Geraham sya yg Sudah Mati Di Cabut Dan sepertinya tidak Akan Tumbuh lagi.
    Waktu Itu 2 Gigi Geraham Sya Sudahh Benar2 Parahh Dan Dokter Menyarankan Sya Untuk Mencabutnya Tapi Sebenarnya Sya Tidak Mauu Dicabut Karna Sya Tauu Pastii Tidak Akan tumbuh lagi, karna dokternya agak Judess Padahal sya Sudh Mengatakan Klo Sya Mau Mempertahankan Gigi sya dan Dokter Nya Bilang "kloo Dipertahanin Ntarr Malahhann Sakit Mendingan Di cabut ajj truss Kmu Pake Gigi Palsuu saja" Mendengar Kata sakit Sya Pun Pasrah Untuk Mencabut gigi Geraham Sya. Tapi Bnerr Siie Setelah Gigi Sya dicabut sya Tidak Pernah Merasa Sakit Ataupun Ngiluu Tapii Tetap sjaa Sya harus Pasang gigi Palsuu 😓
    Oh Iyaa Kiraa pasang gigi Palsu Yg harganya Muraah dimna sii?

    BalasHapus
  67. Sedihh Bngt Dehh Mbaa! Di Umur 14 Tahun Ini 2 Gigi Geraham sya yg Sudah Mati Di Cabut Dan sepertinya tidak Akan Tumbuh lagi.
    Waktu Itu 2 Gigi Geraham Sya Sudahh Benar2 Parahh Dan Dokter Menyarankan Sya Untuk Mencabutnya Tapi Sebenarnya Sya Tidak Mauu Dicabut Karna Sya Tauu Pastii Tidak Akan tumbuh lagi, karna dokternya agak Judess Padahal sya Sudh Mengatakan Klo Sya Mau Mempertahankan Gigi sya dan Dokter Nya Bilang "kloo Dipertahanin Ntarr Malahhann Sakit Mendingan Di cabut ajj truss Kmu Pake Gigi Palsuu saja" Mendengar Kata sakit Sya Pun Pasrah Untuk Mencabut gigi Geraham Sya. Tapi Bnerr Siie Setelah Gigi Sya dicabut sya Tidak Pernah Merasa Sakit Ataupun Ngiluu Tapii Tetap sjaa Sya harus Pasang gigi Palsuu 😓
    Oh Iyaa Kiraa pasang gigi Palsu Yg harganya Muraah dimna sii?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hey adek, hehehe. Saran ya, mungkin bisa pasang implan. Entah itu mau yang bor ke tulang atau yang jembatan, untuk harganya emang agak mahal tp itu mending dari pada pasang yang sementara. Tp tetep enak di pasang gigi asli, biar harganya agak murah tapi tetep berkualitas. Mending adek pergi ke rsgm, dan nyari penanganan dari dokter residium (drg uang mau ambil spesialis). Harganya untuk yang implan itu sekitar 15 jt tergantung kondisi kamu, tp kalau di rsgm bisa sampai 5jt. Lumayan bisa potong cost

      Hapus
  68. Selamat siang, perkenalkan kami perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Appoitment dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi
    4. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    5. Mempermudah Claim Asuransi.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami....
    More info
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 - Indonesia.
    WA : +6281 331777697
    Line: +6281 4026 2166
    Mobile: +6283 8300 28050
    Phone : +6231 5020588 / 5026505
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com

    BalasHapus
  69. wah telat bacanya.... saya baru PSA kunjungan pertama... ada 2 gigi yg ditreatment... selesai ditreatment tanya biaya... kaget minta ampun... 1,5 juta.... dan dikasi rincian sama dokter untuk episode berikutnya sampai selesai per gigi 5,5 juta.... jadi untuk 2 gigi 11 juta + 1,5 juta PSA pertama... syok banget.... apakah kalo saya pindah dokter gigi lain diperbolehkan? ada rekomendasi dokgi di jakarta barat atau utara yg bagus dan murah? thanks before....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waw mahal bgt mas. Saya juga baru PSA kunjungan pertama nih. Bayarnya 250. Gataudeh kunjungan selanjutnya harus bayar berapa. Semoga aja totalnya ga mahal mahal amat. Jadi nyesel ga jaga kesehatan gigi.

      Hapus
    2. Hai Rendy...

      Waah mahal juga ya :o
      Sepengetahuan saya untuk pindah Dokter Gigi lain itu bisa, tapi nanti prosesnya dimulai lagi dari awal karena belum tahu kondisi gigi kamu...
      Semoga membantu ya ^^

      Hapus
    3. Hai rendy,
      Kamu ambil dokter spesialis untuk PSAnya?
      Kalau saya di dokter residium, habis sekitar 1,5

      Hapus
  70. Aah aku baru PSA awal tgl 13/04 kemarin.. kemarin2 gak sakit, tapi emang gak bisa dipake buat ngunyah, tapi hari ini sakit bgt.. sampe gak bisa tidur hikshiks

    BalasHapus
  71. Mau tanya waktu itu ke dokter gigi rumah sakit mana yah. Kalo boleh minta alamatnya dong

    BalasHapus
  72. Lepas kunjungan pertama...sesudah tampal...berapa hari sakitnya sembuh? Atau adakah sakitnya terus hilang?

    BalasHapus
  73. Halo.. Ini aq udah kunjungan kedua psa, di 3 gigi seri depan, awalnya kirain cuman musti ditambal ulang aja karna lapisan gigi udah tipis & sensitif bgt kena panas&dingin (angin jg kadang), ternyata setelah dicek dan di foto rontgen sama dokternya ternyata ada masalah, tambalannya bocor jadi harus psa yg awalnya 2 gigi jd 3 karna ketauan pas di foto. Padahal selama ini kl perawatan di drg.konservasi cuman karna di kota yg beda, yg disini perlengkapan medisnya foto rontgen aja bs dtempat, jadi ketauan yg bermasalah ga cuma 1,2.. Pertemuan pertama paz gigi depan bagian blkg aja di bur semakin dalem jd sakit, tapi dokternya jg blg pelan2, karna ngilu dokternya nyemprotin cairan yg bkin gusi atau kl kena bibir jd baal, trus kok msh ada yg ngilu ga tahan, angkat tangan kiri deh dtawarin dokternya di suntik/bius lokal, rasanya beneran ga sakit (lbh ngilu di bur td) cuman disuruh tarik nafas-suntik-gusi bekas suntikan dipijit2 sbntar trus dilanjut bur lagi biar dapet aksesnya ke saluran akarnya, sumpah sama sekali ga sakit rasanya santai banget,, dokternya blg mgkin bbrapa hr ada rasa aneh krn obatnya bkerja, ampe sminggu gda yg sakit, tus ini td balik lagi, penanganannya sama, open bur-kasih obat disaluran akar yg dikorek2 itu, dikasih irigasi dll-udah bersih-disteril-dikasih tambalan sementara, moga aja mggu depan udah selesai ini, jd ga kluar kocek lg huhu..
    Biaya psa 1st @250rb x 3; sama foto rontgen 100rb disc. 25rb jd 75rb, Biaya Psa 2nd @250rb

    BalasHapus
  74. Haii Kak kalo di psa apakah ada disuntik atau ada sakit ketika dimasukin jarum ke gigi,waktu di puter"kayak alat paku gitu ada rasa sakit gak kak?soalnya saya mau ke dokgi soalnya gigi geraham saya udah gak bisa ditambal lagi kata dokgi,harus di perawatann,saya masih takut,

    BalasHapus
  75. Mbak ayu yang maniz dan imut. Makasih udah berbagi dan sharing ilmu bareng temen-temen, semoga sukses selalu. Khoirunnasi anfauhim linnas, sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi manusia lain. Thanks

    BalasHapus
  76. Mba jarak dr kunjungan pertama ke kunjungan ke dua itu biasanya berapa hari ?

    BalasHapus
  77. Mba jarak dr kunjungan pertama ke kunjungan ke dua itu biasanya berapa hari ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Suzumiya
      (maaf aku males login) hihihi

      Oh iya aku lupa tulisin yg itu..
      jadi kunjungannya seminggu sekali yaa, kecuali kunjungan yg terakhir itu jaraknya 3 hari doang

      Hapus
  78. Hallo... sy mau tanya, dulu sebelum perawatan giginya disarankan rongent dulu ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Gita..
      (males login lagi)

      waktu aku PSA kmarin ga di rotgen dulu kok, langsung perawatan aja

      Hapus
  79. Haloo...lam kenal.
    Share pengalaman nih.
    Mlm ini hbs kunj ke 3 PSA gigi geraham belakang atas.
    Sakit...?
    Bukan sakit kali ya, tapi ngilu banget kalo kesentuh syarafnya.
    Kata dokgi msh 2x kunj lg, untuk tanam zat penguat akar.
    Dokternya jago banget, di PCI Cilegon (SP.KG)...ramah pula (wong Ygy...).
    Waktu matiin syaraf (ada 3), yg 2 saluran bisa langsung koit tuh syaraf, jd dibolongin&dimasukin jarum juga...adem2 aja. Nah pas yg saluran syaraf ke3, bandelnya minta ampun... sampe dianeztesi. Perkiraan sih gara2 ngudud melulu....
    Jadi saran...selain rajin bersihin gigi...lbh baik stop rokok juga deh... biar proses perawatan gigi lebih nyaman.
    Tks ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biayanya berapa Mas. Keberulan saya juga dari serang

      Hapus
    2. Biayanya berapa Mas. Keberulan saya juga dari serang
      Dan nama Kliniknya apa?

      Hapus
  80. Saya uda 4x kunjungan. Tp kok msh sakit ya ketika menggigit. Klo giginya di tekan masih sakit. Apa mmg begitu, apa memang setelah selesai psa dan menunggu sampai berbulan2 baru tidak terasa lg?

    BalasHapus
  81. Saya baru hari ini PSA kunjungan yang pertama dan itu dianjurkan 3 kali pemeriksaan .

    Jadi sebelum saya di PSA, gusi saya yg ada gigi berlubang nya itu membengkak dan sangat sakit. (Astagfirullah sakitnya naudzubillah :(( . Lalu dojter memberi saya obat (potassium apa gitu sama satunya lupa :( . Diminum 3× 1 hari untuk meredakan ngilu dan sebagai antibiotik.

    Setelah tiga hari saya kembali, untuk membersihkan karang gigi sebab gigi sebelah kanan saya yg berlobang sudah lama tidak saya gunakan untuk makan karna sakit.

    baru hari ini dilakukan PSA kunjungan pertama

    Sedihnya, ternyata gigi yg sebelah kiri saya (geraham) yg selama kurang lebih 3 tahun saya gunakan untuk makan itu juga mulai berlubang. Tapi alhamdulilah masih kecil jadi hanya perlu di tampal.

    Btw terimakasih banyak infonya, sangat membantu ^^

    BalasHapus
  82. aapakah setelah di psa gigi kakak berubah warna?

    BalasHapus
  83. aapakah setelah di psa gigi kakak berubah warna?

    BalasHapus
  84. Sekarang gimana kak berapa tahun gigi psa ini bertahan ya? Apakah masih awet sampai sekarang??

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan jika mau tanya-tanya atau berbagi pengalaman...^^

Postingan Populer