PENGALAMAN: Tes & Kerja di Indomaret

Kali ini aku akan share pengalaman ikut tes dan juga kerja di PT Indomarco Prismatama a.k.a Indomaret.
Saat ini statusku sudah berhenti ya, aku kerja di sini kurang lebih 10 bulan (sejak 2017-2018). Aku melamar sebagai Merchandiser (pemimpin shift). Kita langsung aja ya..

~~~~TES~~~~
Aku ikut ini langsung tes ya, tesnya sendiri diadain di Disnaker.
1. Psikologi
Tes psikologinya umum aja yah, ada beberapa tahap, aku lupa apa aja
2. Wawancara
Jadi abis tes psikologi, langsung diumumin siapa aja yang lolos ke tahap wawancara. Di sini yang ditanyain pertanyaan mainstream juga saat wawancara, perkenalan diri, alasan melamar, tentang kegiatan kamu de el el deh.
3. Briefing
Setelah itu, langsung dimumuin siapa aja yang lulus dan berhak ikut training selama 3 minggu di Training Center. Di sini kita dibriefing apa aja yang harus kita bawa saat training itu. Jadi point pentingnya: Pakaian saat training kemeja lengan pendek putih, celana jeans dongker, ikat pinggang hitam, make up untuk wanita dan juga tata tertib saat training nanti.
4. Training Center
Nah jika sudah sampai di sini, bukan berarti kita sudah diterima ya, saat training kita disajikan materi-materi dan praktek untuk saat kita diterima bekerja ya. Karena aku ambil posisi MD, materi yang didapat seputar kasir, pramuniaga dan juga menjadi pemimpin shift tentu aja ya.
Di sini sistemnya gugur, jadi kalau kamu sudah melanggar aturan 3 kali, otomatis kamu gugur.
5. Offering Letter
Jadi setelah kamu lulus dari training center selama 3 minggu itu, kamu akan diberikan kontrak selama 6 bulan, yang pada akhir kontraknya kamu akan diangkat jadi pegawai tetap JIKA kinerja kamu bagus.
Kontraknya seputar, peraturan perusahaan, SOP toko, penempatan toko kamu, dan juga gaji dan sanksi jika kamu melanggar aturan. (Soal gaji, saya bocorin ya, pastinya kamu bakal dapat gaji diatas UMP wilayah kamu, dan juga ada lembur)

~~~~MULAI KERJA~~~~
COMING SOON

Komentar

Posting Komentar

Silahkan jika mau tanya-tanya atau berbagi pengalaman...^^

Postingan Populer